STIEBBANK

Kampus Pencetak Pengusaha

A.M. Cafe : Bisnis Jajanan Tradisional Berkonsep Food Truck

Jika anda seorang penggemar film Hollywood tentu tidak akan asing mendengar food truck. Yap, food truck atau truk makanan adalah ‘café berjalan’ yang biasanya menjual berbagai santapan lezat termasuk minuman . Konsep bisnis ini lebih dikenal di luar negeri pada awalnya, namun beberapa tahun terakhir mulai merambah di Indonesia. Khususnya di beberapa kota besar, telah hadir food truck dengan menawarkan makanan kaki lima seperti beef roll, sandwich, hamburger hingga menu berat seperti nasi.

Desain truk yang bervariasi dan fasilitas pelengkap seperti meja dan kursi membuat food truck terlihat lebih menarik. Selain itu untuk memudahkan menjangkau konsumen, food truck dapat dioperasikan di sekitar pusat-pusat kegiatan masyarakat seperti gedung perkantoran, taman, atau alun-alun kota. Nilai tambah dari konsep bisnis ini juga, dapat diambil dari karakteristik khususnya yang merupakan ‘café berjalan’,  sehingga  food truck dapat bekerja sama dengan berbagai instansi untuk hadir dalam event-event  yang diselenggarakannya.

 

A.M Café juga menawarkan konsep bisnis food truck, namun perbedaan dapat dilihat pada makanan, yang lebih bercirikan Indonesia dari pada food truck yang telah hadir sebelumnya. A.M. sendiri merupakan singkatan dari Ayok Mampir, yang tentu saja mengajak orang yang melihat untuk membeli. Beberapa alasan kenapa bisnis ini sangat menarik dan memiliki prospek yang baik adalah:

 

  1. Konsep food truck yang memiliki kelebihan seperti dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat menjangkau konsumen lebih dekat.
  2. Jajanan tradisional seperti es  pisang ijo, bubur sagu, asida, bahkan snack ringan seperti gogos akan lebih diminati oleh masyarakat di perkotaan yang rindu kampung halaman. Sekaligus memperkenalkan jajanan tradisional Indonesia tersebut ke turis-turis luar negeri yang mungkin tertarik membeli.
  3. Lebih fleksibel karena jajanan tradisional pada waktu-waktu tertentu tetap difavoritkan sebagai kudapan, seperti pada saat bulan ramadhan.
  4. Dan berbagai alasan lain yang membuat jajanan di A.M. café ini tampak berbeda dari biasanya. Seperti penyajian makanannnya yang bersih serta disajikan ala jajanan food truck luar negeri.

 

Café ini menargetkan konsumen di waktu-waktu santai seperti sore hingga malam hari, karena jajanan yang disajikan memang khusus agar konsumen dapat menikmatinya bersama rekan kerja sepulang dari kantor atau bersama keluarga dan teman-teman. Jajanan tradisional A.M. Café juga dapat diperluas dengan menambah menu-menu berat lainnya seperti nasi kuning, nasi pecel, atau yang lainnya dan dapat dioperasikan di pagi hari untuk sarapan sebelum memulai aktivitas.

 

Demikian bisnis impian yang bisa saya gambarkan dalam artikel di atas, semoga menginspirasi ya…

 

Nistia Nurfasiah Sasole

5 10
Categories
Bisnis impian

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *



    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>