STIEBBANK

Kampus Pencetak Pengusaha

Bisnis Impian 2015

Serangkaian usaha yang dilakukan satu orang atau lebih dan dikerjakan sendirian atau berkelompok dengan menawarkan suatu barang atau jasa dengan tujuan mendapatkan laba atau keuntungan itu dinamakan bisnis. Makna sebuah bisnis masih banyak ragamnya, yang terpenting adalah bahwa bisnis berisi orang atau kelompok melakukan kegiatan untuk mendapatkan laba dan siap segala resiko yaitu harus siap rugi. Bisnis tidak tergantung dengan modal semata tetapi dibarengi dengan banyak faktor seperti reputasi, keahlian, ilmu, relasi, rekanan, keluarga. Faktor-faktor itulah dapat dijadikan modal bisnis.

Mungkin banyak orang ingin melakukan bisnis, tetapi terkadang hanya sebagai angan atau impian, mengimpikan sebuah bisnis dan meraih kesuksedan itu sah-saja saja. Tetapi harus adanya praktek. Kalaupun sudah serius, juga modal dan faktor-faktor penunjang lainya, maka kita harus action. 

www.stiebbank.ac.id

Beberapa bulan lagi tahun 2014 akan berakhir dan akan menjemput tahun 2015. Tahun 2015 bisnis impian yang paling cocok menurut penulis adalah bisnis online, sebab bisnis jenis ini hampir marak beberapa tahun silam. Bisnis online 2015 merupakan bisnis yang cukup simpel dilakukan, tidak harus dengan tempat yang luas atau mungkin modal yang banyak. Sebenarnya bisnis ini pas sama dengan bisnis offline, hanya saja pasar bisnis online dapat di akses sampai ke wilayah yang cukup jauh.

Pasa bisnis online 2015 mempunyai kemudahan-kemudahan dibandingkan dengan bisnis offline dilihat dari sudut pandang kegiatannya, kegiatan bisnis online bisa dilakukan kapanpun dan dari manapun, asalkan koneksi internet lancar dan tidak lemot. Meskipun demikian bahwa, bukan berarti bisnis online ini dipastikan akan sukses, sebab kesuksesan bisnis online ditentukan oleh bagaimana cara si seller memaksimalkan faktor pendukung di dunia online tersebut. Ada beberapa hal atau strategi tentang kemudahan-kemudahan pada bisnis online 2015, yaitu:

  • Hemat waktu. Waktu yang digunakan dalam bisnis online tidak terbatas tapi bisa dijadwal, tidak seperti bisnis offline dan terkadang bisnis offline yang terbatas dan dikejar waktu.
  • Hemat modal. Dalam bisnis online, modal sekecil apapun dapat dijadikan fondasi awal dalam membangun usaha bisnis yang berbasis internet. Kepemilikan akun media sosial yang gratisan merupakan salah satu keuntungan dalam bisnis online 2015 ini. Karena penjual tidak mengeluarkan biaya sedikitpun dalam melakuk penawaran produk di media sosial seperti Facebook atau twitter.
  • Hemat tenaga. Penjual sangat leluasa menghemat tenaga dalam berbisnis, penjual dapat menggunakan fasilitas channel di media sosial secara maksimal, salah satunya dengan membuat atau mengajak orang dengan rela mau memberikan komentar, share, like, retweet terhadap barang dagangan yang ditawarkannya.

Dari pemaparan tersebut dapat penulis simpulkan bahwa bisnis online merupkan strategi bisnis yang lain (offline) karena dalam bisnis online terdapat kemudahan-kemudahan seperti hemat waktu, modal dan tenaga. Bukankah setiap orang ingin berbisnis dan mengimpikan kesuksesan? Semoga bermanfaat.

M.Arif Yulianto

0 0
Categories
Bisnis impian

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *



    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>