Lomba STIEBBANK

Kampus Pencetak Pengusaha

Ide Bisnis Impian – Mall Online Untuk Indonesia

Bicara bisnis impian maka mutlak/harus = {jangka panjang + tahan lama + stabil}, 3 faktor tersebut ialah menandakan bahwasanya kita benar-benar ingin berbisnis secara profesional (bisnis beneran), dari saya sendiri mempunyai ide untuk membangun sebuah bisnis impian, yaitu “Mall Online Untuk Indonesia” :)

Mungkin dari sebagian orang terdengar lucu, gak mungkin, keren, tidak realistis, dan lain-lain, saya sendiri juga berharap orang-orang memandang ide bisnis impian ini “MUSTAHIL” karena terkadang bisnis yang sukses itu adalah ide/mimpi yang dulunya di tertawakan :)

Di atas adalah ide akan saya tulis untuk mengikuti lomba yang di selenggarakan oleh kampusSTIEBBANK. Saya tidak berharap untuk mendapatkan hadiahnya, akan tetapi paling tidak dapat menjadi inspirasi yang lain agar ide bisnis saya ini terealisasi bersama-sama dan pastinya untuk kemajuan Indonesia.

Untuk pembukaan mungkin cukup sekian, selanjutnya akan saya bahas secara detail mengapa saya memilih ide ini dan strategi untuk membangunnya.

Ide Bisnis Untuk Indonesia Lebih Maju

Mengutip dari majalah terkenal forbes, mengatakan bahwasanya bisnis yang cepat gulung tikar ialah bisnis yang salah target pasar, untuk itu perlu menganalisis secara keseluruhan bagaimana target pasar untuk membangun Mall Online ini. Untuk lebih singkat dan tidak banyak penulisan, saya telah tulis di artikel yang berbeda, yaitu Peluang Bisnis Online dan Peluang Usaha Online.

Dari data yang ada pada artikel di atas, dapat kita simpulkan peluang untuk membangun Mall online ini sangat potensial dari pengguna internet dan transaksi yang dilakukan. Saya rasa sudah jelas, mengapa saya mempunyai ide bisnis impian membangun Mall Online untuk Indonesia.

Selanjutnya, detail untuk strategi dalam membangunnya ialah sebagai berikut :

1.      Membuat Masing-Masing Mall Online di setiap Kota

Pada setiap kota nanti akan memiliki mall online sendiri, contohnya untuk kota Depok atau Bogor nantinya memakai domain yang sama hanya kotanya berbeda, seperti www.MallOnlineDepok.com, www.MallOnlineBogor.com,  dan seterusnya pada kota-kota yang ada di Indonesia. Ini bertujuan agar target pasar semakin jelas, khusus orang-orang pada kota tersebut.

Dengan adanya mall online seperti ini, masyarakat yang malas keluar atau tidak suka keramain dapat berbelanja secara online dan tentunya sama kualitasnya dengan yang telah ada pada mall offline.

2.      Bekerjasama Dengan Setiap Mall yang Ada di Kota

Semakin banyak item yang tersedia di mall online maka otomatis pengunjung akan senang, karena banyak pilihan yang dapat di beli. Misalnya di Depok ada beberapa mall, seperti Margonda, Detos, Ramayana, dan lain-lain, kita mengajak seluruh pemilik outlet yang ada pada mall tersebut untuk berkerja sama dalam membangun mall online, kita jelaskan pula keuntungan adanya mall online ini, seperti :

  • Tidak perlu promosi, karena bagian tim mall online yang akan mempromosikannya.
  • Biaya relatif jauh lebih murah di bandingkan dengan menyewa outlet.
  • Omset yang di pastikan akan naik, karena tidak hanya di dunia offline berjualannya tetapi juga melalui media online.

3.      Mensosialisasikan Bahwasanya Mall Online Terpercaya

Umumnya, psikologi pembeli Indonesia tidak mudah percaya jika belum kenal/mengetahui sama sekali, maka dari itu penting untuk mengumumkan bahwasanya mall online yang ada pada setiap kota, terpercaya dan kualitas yang terjamin. Teknisnya mengiklankan di media cetak terpercaya di setiap kota tersebut.

Jika calon konsumen telah percaya, maka dijamin mereka akan ketagihan untuk membeli serta bakal merekomendasikan mall online kepada teman-temannya dan ini mengakibatkan promosi viral yang membuat mall online itu cepat terkenal.

4.      Pelayanan Ramah dan Cepat

Strategi terakhir dalam membangun ide bisnis impian ini ialah pada sikap ramah dan cepat, mereka yang ingin berbelanja secara online biasanya karena tidak ingin mengantri pada keramaian ataupun malas untuk keluar bertemu khalayak ramai, sifat ramah mutlak harus di perlukan dan cepat dalam pelayanan/responsif menghadapi setiap pertanyaan konsumen merupakan hal yang perlu di perhatikan.

Untuk strategi lain mungkin bisa di tambahkan, tetapi dua pelayanan penting ini yang sangat perlu di perhatikan karena cukup untuk mewakili strategi-strategi pelayanan lainnya.

Kesimpulan

Semoga penjelasan alasan saya mengambil ide bisnis dan strategi membangunnya “Mall Online Indonesia”. menjadi inspirasi bagi kita semua, walaupun saya belum bisa mewujudkan, paling tidak nanti atau ada orang lain yang bertekad menjalankan ide bisnis ini bisa benar-benar mewujudkannya. Untuk kampus STIEBBANK mungkin bisa mempertimbangkan ide ini untuk membangun mall online sendiri khusus dikawasan kampus (www.MallSTIEBBANK.com) Hehe.

Sekian tulisan artikel singkat ini, saya ucapkan terima kasih kepada panitia dari kampus STIEBBANK yang telah mengadakan “Blog Competition”, makin maju dan salam sukses untuk kita semua.

Muhammad Hafizh

Categories
Bisnis impian

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    *



    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>